Cari Blog Ini

Rabu, 13 Juni 2012

Stretch untuk Mencegah Sakit Leher dan Bahu

Jika kita lama duduk di depan komputer atau melakaukan tugas yang membuat sakit leher atau bahu berikut dalah stretch sederhana yang bisa anda lakukan :


1.      Memiringkan Kepala
Duduk tegak di kursi. Perlahan , miringkan kepala ke satu sisi. Telinga kea rah bahu, birakan bahu dan leher rileks, tahan 15 detik. Tegakkan kembali leher. Lalu miringkan ke sisi lain. Ulangi 3 kali untuk masing-masing sisi.

2.      Memalingkan Kepala
Palingkan kepala sedikit dan lihat kebawah seakan melihat ke saku kemeja. Biarkan bahu dan leher rilrks, tahan 15 detik. Perlahan , kembalikan leher ke posisi tegak. Lakukan 3 kali ke masing- masing sisi.

3.      Mengangkat Leher
Kaitkan jari di kedua tangan. Letakan di belakang kepala. Gerkan siku ke belakang seampai merasakan peregangan yang nyaman di depan bahu. Sandarkan punggung ke sandaran kursi dan rileks. Tahan selama 15 detik ulangi 3 kali.

4.      Stretch Punggung Atas Leher
Duduk di pinggir kursi dengan kedua kaki menapak datar di lantai. Letakkan telapak tangan dengan jari menghadap ke depan di belakang pingul. Tarik napas dan panjangkan tulang belakang, kepala dipanjangkan kearah langit- langit. Ketika mengembuskan napas, tekan telapak tangan pada kursi dan putar bahu ke depan dan belakang. Tarik napas dan angkat dagu dan dada. Tatap kea rah langit-langit tapi kepala tidak jatuh ke belakang. Tahan samapai 2 atau 3 pernapasan dalam. Lakukan 1 kali setiap jam jika sepanjang hari duduk di kursi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar