Cari Blog Ini

Senin, 30 Desember 2013

Panel Surya yang Dapat Dilalui Pejalan Kaki

Panel surya sejauh ini yang kita lihat pasti menempel di atap bangunan atau rumah sehingga pemasangan panel surya memang sedikit merepotkan apalagi kalau ingin taruh di halaman rumah yang harus buat tiang penyangga.
Kabar baiknya, tim dari The George Washington University berhasil membuat sebuah panel surya yang diklaim sebagai panel surya pertama di dunia yang bisa digunakan sebagai jalan (the first walkable solar-paneled pathway in the world)


Tentu saja bukan masalah fungsinya yang bisa diinjak dan dilalui oleh orang seperti layaknya sebuah jalan tetapi disini bisa dilihat bahwa panel surya bisa dipasang di ruang terbuka tanpa harus membuat tiang penyangga sehingga ujung-ujungnya biaya lebih murah dari segi pemasangan.
Setiap panel surya punya kekuatan sampai 400 kg dan dilengkapi dengan bahan anti slip yang membuat setiap pejalan kaki tidak akan terpeleset ketika berjalan diatasnya.
Dalam uji cobanya, panel surya yang punya luas 9,3 m2 ini dan terdiri dari 27 panel mampu menghasilkan listrik sampai 400 watts yang bisa menghidupi 450 lampu LED yang dipasang di jalanan sekeliling panel surya tersebut.
Sayang engga ada keterangan apakah panel surya yang satu ini harganya lebih mahal atau murah dibandingkan panel surya biasa, semoga saja sih lebih murah.






sumber : http://www.otakku.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar